BAHAN BELAJAR MANDIRI 4 DESAIN PENELITIAN TINDAKAN KELAS PENDAHULUAN Seperti anda pelajari pada bagian sebelumnya, pada hakikatnya Penelitian Tindakan Kelas (PTK) diawali dari keinginan kuat dari guru sebagai peneliti untuk memperbaiki, memperbaharui dan meningkatkan kualitas pembelajaran yang disinyalir selalu membosankan dan menjenuhkan siswa. Metode pembelajaran bersifat konvensional, materi pembelajaran jauh dari kebutuhan siswa, dan kegiatan belajar berpusat pada guru, sehingga kian membingungkan apa yang siswa inginkan. Penelitian Tindakan Kelas berupaya bagaimana memperbaiki kinerja guru dan aktivitas siswa berusaha untuk meningkatkan keberhasilan belajar siswa sesuai dengan tujuan pembelajaran. Berangkat dari kondisi seperti ini guru merancang kegiatan yang dimulai dari merencanakan, mengimplementasikan, mengamati dan akhirnya mengevaluasi serta merefleksi upaya yang paling tepat dilakukan untuk memecahkan masalah tersebut. Tentunya masalah yang berhubungan denga
BAB I PENDAHULUAN A. LATAR BELAKANG Guru merupakan salah satu pelaku dalam kegiatan sekolah. Oleh karena itu, ia dituntut untuk mengenal tempat bekerjanya itu. Pemahaman tentang apa yang terjadi sekolah akan banyak membantu mereka memperlancar tugasnya sebagai pengelola langsung proses belajar mengajar. Guru perlu memahami faktor-faktor yang langsung dan tidak langsung menunjang proses belajar mengajar. Prasarana dan sarana diibaratkan sebagi motor penggerak yang dapat berjalan dengan kecepatan sesuai dengan keinginan oleh penggeraknya. Begitu pula dengan pendidikan, sarana dan prasarana sangat penting karena dibutuhkan. Sarana dan prasarana pendidikan dapat berguna untuk menunjang penyelenggaraan proses belajar Prasarana dan sarana pendidikan adalah salah satu sumber daya yang menjadi tolok ukur mutu sekolah dan perlu peningkatan terus menerus seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang cukup canggih. Manajemen prasarana dan sarana sangat diperlukan dalam m
Makalah Ditulis untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah Teori Pembelajaran Orang Dewasa Dosen Pengampu : Prof. Dr. C Asri Budiningsih, M.Pd Oleh : Rasidi (11703254005) Titik Handayani (11703254015) MANAJEMEN PENDIDIKAN PASCASARJANA UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA 2011 BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang Pendidikan merupakan kebutuhan pokok manusia, karena dengan pendidikanlah manusia bisa tercerahkan untuk mengambil keputusan dan melaksanakan apa yang diputuskan sehingga bermakna bagi dirinya dan orang disekitarnya. Dengan manfaat pendidikan yang tidak bisa digantikan maka perlu kajian yang lebih mendalam tentang pendidikan supaya pendidikan ini menjadi peran yang maksimal mencerahkan manusianya. Pendidikan terbagi menjadi beberapa bagian, diantaranya pedagogi dan andragogi. Pedagogi adalah seni untuk mengajar anak, dan andragogi adalah seni untuk mengajar orang dewasa. Masing – masing mempunyai kajian dan caranya masing – masing dalam memperlakukan peserta belajar.
Komentar
Posting Komentar